Information and Communication Technologi Clinic

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), begitulah terjemahan dari INFORMATION and COMUNICATION TECHNOLOGI (ICT). Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah deretan tiga suku kata yang saat ini lagi akrab dibibir orang, khususnya di lingkungan pendidikan atau kelompok birokrasi, bahkan belakangan ini, juga termasuk golongan-golongan masyarakat tertentu.

Memahami Teknologi informasi dan komunikasi, tidak hanya menyandarkan pada pengertian tiga suku kata di atas. Tetapi lebih dari itu harus dipahami lebih dalam, mengapa tiga suku kata itu harus dipadu menyadi satu kalimat yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran TIK. Itu mengartikan, bahwa tiga kata dasar itu, masing-masing memiliki nilai kekuatan dan pengaruh tersendiri dalam peradaban kehidupan manusia.

Sebagai bukti yang logis dari kekuatan-kekuatan itu, yakni disadari atau tidak, bahwa aktivitas yang sedang berlangsung dilakukan manusia saat ini, pada hakikatnya adalah mengelola informasi yang diterima sebelumnya. Disadari atau tidak pula, bahwa keberadaan informasi itu sendiri lahir karena adanya komunikasi. Demikian pula terhadap komunikasi, itu dapat terjadi karena tidak lepas dari media (teknologi) sebagai alat pengantar maksud dan tujuan.

Beranjak dari pengertian-pengertian di atas, maka ICT atau TIK yang menjadi medan garapan ilmu pengetahuan dari ICT CLINIC di SDN 1 Tilote adalah; Teknologi Informasi dan Komunikasi, BUKAN “Informasi Komunikasi dan Teknologi“. Hal ini cukup beralasan, karena informasi komunikasi dan teknologi, pengertiannya adalah informasi tentang komunikasi dan informasi tentang teknologi. Dengan demikian informasi komunikasi dan teknologi, hanyalah terbatas pada pengetahuan saja, dan bukan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, sifat dari informasi komunikasi dan teknologi, mudah ditemui atau diperoleh, hanya dengan cukup nonton televisi, dengar radio, maupun baca koran saja.

Sedangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah identik dengan ilmu pengetahuan. Yaitu teknologi tentang informasi dan teknologi tentang komunikasi. Karena itu pula, teknologi informasi dan komunikasi tidak terbatas pada pengetahuan saja, tetapi justru berada pada level garapan sebuah studi “ilmu pengetahuan”. Dengan sendirinya, untuk menguasai teknologi informasi dan komunikasi, tidak semudah kita nonton televisi, dengar radio, ataupun baca koran. Melainkan diperoleh hanya melalui teori dan praktek pendidikan tertentu saja.

Pada unsur kata Teknologi, Informasi, Komunikasi inilah, mengapa ICT Clinic harus dihadirkan ditengah-tengah para anak didik sekolah yang ada di SDN 1 Tilote. Dengan TIK ini, para anak didik akan diarahkan pada pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi yang berbudaya.

Pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi pada tingkat anak didik ini, dimaksudkan karena alasan dinamika dunia pendidikan dan kehidupan itu sendiri. Oleh karena itu, untuk menuju pada suatu jenjang peradaban dunia pendidikan dan kehidupan yang lebih baik, ICT Clinic khususnya di SDN 1 Tilote telah memiliki “TAKTIK”. Artinya; Tidak Ada Kehidupan yang baik (peradaban), tanpa menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Muhajirin AHM

Kamis, 12 Februari 2009

Tip and Trik Mempublikasikan Blog

Setelah perancangan content dan desain blog yang diinginkan langkah selanjutnya adalah mempublikasikan blog tersebut agar orang lain mengetahui, berkunjung, melihat, membaca dan berinteraksi dalam blog kita. Tahapan publikasi ini memiliki berbagai cara dan sistem yang dikenal dan biasa digunakan oleh komunitas blogger dunia, yaitu :
  1. Email
    Cara klasik tapi ampuh untuk memberikan informasi kepada seluruh relasi yang dimiliki tentang blog yang sudah kita buat. Kelemahan cara ini adalah bahwa terkadang email yang dikirimkan tersebut bersifat iklan, dan mungkin saja ada yang menganggapnya sebagai spam. Tetapi permasalahan itu dapat diatasi dengan penggunaan kata-kata sedemikian rupa pada subjek dan isi email sehingga tidak terkesan menjadi sebuah iklan, dan tidak berlaku bagi relasi yang sudah benar-benar mengenal kita, karena pemberitaan email melalui email ini akan dianggapnya sebagai sebuah berita penting tentang perkembangan teman atau relasinya tersebut. Cara yang paling ampuh via email ini adalah dengan rajin mengikuti milis (Group email) yang ada, karena satu alamat email yang kita kirim akan kembali mengirim ke banyak email lainnya (Anggota group email tersebut).

  2. Iklan pada Website Terkenal
    Cara ini juga sangat ampuh, hanya saja mungkin kita harus mengeluarkan biaya / dana untuk mendapatkan layanan ini, sebut saja misalnya program google atau yahoo. Untuk menimalisasi biaya kita dapat saja memilih program beriklan berdasarkan anggaran dari seberapa banyak target pengunjung per-click (Pay Per Click) . Misalnya kita bisa saja menentukan anggaran Rp. 100.000 perbulan dengan target Click sebanyak 10.000 pengunjung.

  3. Affiliasi
    Cara ini lebih disukai oleh para blogger, karena lebih simple, yaitu misalnya dengan pertukaran Link diantara para blog masing-masing. Hanya saja saat ini cara ini tidak disukai oleh google dan akan berakibat pada penurunan peringkat (Page Rank) atau bahkan kemungkinan di Banned oleh Google. Karena itu tukar menukar link ini sekarang jarang digunakan, kecuali hanya beberapa saja. Dan beberapa blogger memodifikasi cara ini dengan berbagai cara aga tidak terlihat seperti pertukaran link yang disengaja, misalnya dengan cara nyediakan script khusus apabila ada yang ingin memasang link ke blog mereka.

  4. Komunitas Blogger
    Aktif dalam setiap forum, Group, Komentar dan sebagainya dalam komunitas blogger juga menjadi pilihan para blogger agar dapat lebih dikenal. Cara inipun cukup ampuh untuk mendongkrak traffic ke halaman blog kita. Semakin rajin kita berpartisipasi dalam kegiatan forum, Group atau memberikan komentar maka nama blog kita akan semakin sering dilihat dan dibaca orang. Salah satu penyedia jasa komunitas blogger yang terkenal dan paling banyak digunakan adalah kepunyaan IZEA , yang memberikan pelayanan interaksi dan publikasi bagi para blogger diseluruh dunia

  5. Artikel
    Salah satu source traffic terbesar dimana asalnya orang mengunjungi suatu halaman website adalah melalui media search engine, seperti misalnya yang terkenal google, yahoo, msn, astalavista, dsb. Semakin banyak dan sering kita mengulas suatu topik dalam artikel kita maka akan semakin memperbesar kemungkinan artikel kita terbaca dan mendapatkan peringkat pencarian yang bagus dalam mesin pencari dan akan semakin besar halaman blog kita dikunjungi orang.

  6. Web Directory
    Yang terkenal diantaranya adalah Dmoz.org dan http://dir.yahoo.com.

  7. Hosting
    Pemanfaat perusahaan webhosting untuk blog kita sangat penting, karena akan mengatasi berbagai permasalahan dan kesulitan yang sering dijumpai dari keterbatasan fasilitas dari penyedia layanan blog. Banyak sekali penyedia jasa webhosting gratis ( free webhosting company) saat ini, salah satu diantaranya yang terkenal adalah adalah 000webhost.com yang memberikan fasilitas webhosting gratis dengan kapasitas penyimpanan sampai dengan 350 Mega dan transfer bandwith sampai dengan 100 Gigabyte, dilengkapi dengan fasilitas Cpanel, sub domain, email forwarding, database mysql, web Builder, php dan dapat menggunakan Domain name sendiri (Dengan syarat Kita harus meregister domain kita sendiri). Karena itulah mengapa para blogger dunia lebih memilih 000webhost.com untuk menghosting halaman blog atau website mereka dengan fasilitas gratis dari pada yang lainnya.


  8. Masih banyak lagi sebenarnya cara-cara gerilya lainnya dengan menggunakan dana 0 (nol) atau dana yang sangat terbatas untuk mempublikasikan halaman blog atau website kita agar dapat dikenal dunia, tinggal bagaimana kita mau bereksplorasi mencari celah-celah baru yang inovative untuk memasarkan blog kita. Selamat Mencoba.

    Webhosting GratisFree Web Hosting with Website Builder
    Daftar ke Komunitas Blog

0 komentar: